Biological Science Day

Biological Science Day merupakan agenda tahunan Himabio Bakteriophage yang beruapa olimpiade Biologi dan lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA sederjat Se Jawa dan Bali. Biological Science Day atau singkatnya disebut BSD telah diadakn untuk yang ke sembilan kalinya pada tahun ini. BSD tahun ini mengangkat tema “Explore your skill,be  a Great Scientist”. Tema ini diusung sebagai garis besar acara ini sebab harapan semua panitia adalah BSD dapat memberikan kesempatan pada anggota Himabio Bakteriophage dan siswa-siswa SMA sederajat mampu mengeksplor skill dibidang sains.

Acara BSD tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu pada sistem babak semifinal dan final. “Tahun ini kami lebih menekanka npada Skill laboratory.  Skill Laboratory adalah training bagi siswa – siswi SMA sederajat yang mengikuti BSD tentang laboratorium biologi FMIPA  Universitas Jember. Harapannya kami dapat meningkatkann skill mahasiswa di bidang sains serta menularkan ilmu tersebut kepada siswa SMA yang tak lepas tujuannya untuk menarik minat siswa SMA ke jurusan Biologi FMIPA Unej” ujar salah satu panitia BSD 2018.

Olimpiade biologi ini diawali dengan babak penyisihan yang dilakukan di sembilan region yang tersebar di Jawa Timur dan Bali,  yang meliputi Banyuwangi; Situbondo; Denpasar; Gresik; Pamekasan; Probolinggo; Kediri; Mojokerto dan Jember. Olimpiade biologi BSD yng diadakan pada tanggal 21 Oktober 2018 lalu dijuarai oleh siswa dari SMAN 1 Jember .Selain kegiatan Olimpiade, BSD juga meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah. LKTI BSD tahun ini dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018 yang mengusung empat sub tema,  yaitu Bioteknologi; Lingkungan;Mikropangan dan Kesehatan. Sub tema tersebut harapanya dapat mewakili bidang keilmuan yang terdapat di Jurusan Biologi FMIPA Unej.