Bina Desa

Bina Desa merupakan agenda tahunan yang termasuk program kerja dari divisi PENGMAS bidang 3 Himabio Bakteriophage yang berupa kegiatan sosial seperti Bina Sekolah, Bakti Sosial, dan Reboisasi. Bina Desa 2018 atau Bindes ini telah dilaksanakan dari tahun ke tahun dan tahun ini Bindes dilaksanakan pada Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Terpilihnya Desa Klungkung sabagai lokasi Bindes 2018 ini didasari oleh berbagai faktor dan juga melalui tahap seleksi dari beberapa desa yang diangap memenuhi kriteria, dengan proses yang cukup alot akhirnya Desa Klungkung terpilih sebagai lokasi desa Binaan Himabio Bakteriophage.

Acara Bindes tahun ini turut pula diramaikan dengan hadirnya beberapa perwakilan  Dosen dan segenap mahasiswa S2 jurusan Biologi yang ikut juga dalam acara bina Sekolah sekaligus bentuk pengabdian diri pada masyarakat. Pengabdian Dosen dan Mahasiswa S2 menyajikan tema yang unik untuk menarik perhatian anak – anak di sekolah SDN 1 Klungkung dan MTS Nurul Yaqin. Salah satu contoh temanya Apotik Hidup, Pemanfaatan Serangga, Pengawet Makanan dan terbukti taktik tersebut dapat menarik animo para siswa sehingga suasana di kelas sangat aktif.

Kegiatan Bindes yang tak kalah dengan kegiatan Bina Sekolah  yaitu Bakti Sosial yang kali ini terdistribusi pada 3 dusun di Desa Klungkung,yaitu Dusun Krajan, Dusun Mujan dan Dusun Gendir, sehingga baksos dapat terdistribusi secara merata. Acara terakhir yang sangat dinantikan oleh peserta sekaligus panitia adalah kegiatan Reboisasi yang tempatnya pada dusun Mujan, Desa Klungkung. Penanaman bibit yang diharapkan mampu menjadi pioneersabagai pohon yang kelak akan tumbuh dan mampu mencegah adanya tanah longsor pada desa Klunkung, juga dampak positif lain masyarakat dapat memetik hasil dari bibit yang ditanam.