UPGRADING 1

       

Halo sahabat himabio… salam kenal dari kami pengurus himabio. Kali ini kami akan berbagi cerita tentang kegiatan upgrading. Kegiatan ini merupakan program kerja dari divisi PPO yang hanya diikuti oleh pengurus Himabio Bakteriophage untuk meningkatkan kualitas dalam berorganisasi. Tujuan kegiatan upgrading adalah membekali dan meningkatkan ilmu berorganisasi pengurus Himabio. Kegiatan Upgrading diharapkan menjadi suatu kegiatan yang membentuk pengurus lebih sigap, siap, dan ikhlas dalam menjalankan seluruh program kerja selama 1 periode. Kegiatan upgrading dilakukan 2 kali selama 1 tahun kepengurusan. Upgrading yang dilaksanakan di awal kepengurusan sering disebut dengan upgrading 1.

Kegiatan upgrading 1 dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2019 untuk diksar ruang dan 16-17 Maret 2019 untuk diksar lapang. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan upgrading ruang adalah ruang ESAC gedung Biologi FMIPA UNEJ dan Rembangan tepatnya di dinas peternakan untuk upgrading lapang. Upgreding ruang dan upgrading lapang sangatlah berbeda. Beberapa materi yang disampaikan saat upgrading ruang adalah sejarah himabio Bakteriophage, KMO ( Kepemimpinan, Menegement, dan Organisasi ), kesekretariatan, dan kebendaharaan. Upgrading lapang merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk wadah bagi pengurus untuk mempererat solidaritas dan kekeluargaan pengurus Himabio.

Upgrading lapang dimuali dengan kami berangkat bersama di pagi hari dari kampus untuk menghindari panasnya terik matahari. Setelah sampai lokasi hal pertama yang kita lakukan ialah membersihkan lokasi dan kemudian dilkasanakan beberapa kegiatan yaitu pengenalan antar pengurus dan sharing per devisi dengan kepengurusan 2018. Sore hari kami isi dengan kegiatan ishoma. Setau saya ishoma ialah istirahat, sholat dan makan. Tapi faktanya tak hanya itu yang dilakukan, permainaan kartu juga menghiasi ishoma di sore hari kami. Malam hari suasana semakin sepi, untuk menghidupkan suasana kami mulai menyalakan api untuk melakukan pesta bakaran di malam minggu itu. Sembari menunggu makanan siap di sajikan, tak lupa kami saling bercengkrama satu sama lain.

Pagi hari di hari terakhir acara upgrading lapang diisi dengan senam pagi dan permainan seru yang dilaksanakan. Keunikan sarapan bersama yang kita lakukan ialah makan bersama yang menambah rasa kebersamaan dan saling memiliki antar anggota pengurus. Waktu telah menunjukkan bahwa pagi hari sudah hampir usai sehingga perlu segera kami pulang ke tempat ternyaman kami yaitu rumah atau kos. Sesi foto bersama tak pernah kami lupakan untuk menutup acara upgrading lapang.Kami foto dengan mengenkanan baju kebanggaan kita yaitu si merah maroon yang akan menemani kita selama menjadi seorang pengurus himabio Bakteriophage.

Kami merasakan banyak pelajaran dan manfaat dari kegiatan upgrading 1 ini. Perasaan senang, tenang, haru, dan rasa saling memiliki semakin terasa. Upgrading ruang yang memberikan banyak materi sebagai  bekal bagi kami untuk membawa himabio Bakteriophage bergerak lebih maju. Pengalaman dan kenangan yang tercipta ketika upgrading lapang sehingga kami semakin yakin bahwa himabio Bakteriophage memanglah sebuah keluarga. Semua kegiatan yang telah dilakukan pada upgrading ruang maupun lapang tentu masih terekam jelas di memori kami. Berangkat di pagi hari dengan mengenakan seragam berwarna maroon yang menjadi kebanggaan kami tentu masih terkenang di hati.