DIVISI PENGABDIAN MASYARAKAT, HIMABIO “BACTERIOPHAGE” : PROGRAM KERJA BIOLOGI PEDULI LINGKUNGAN (BPL) 2022

Program kerja Biologi Peduli Lingkungan (BPL) merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat Himabio “Bacteriophage” yang dilakukan di lokasi sebuah desa yang termasuk dalam kategori 3T. Tujuan dari BPL adalah untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember terhadap lingkungan dan membantu memperbaiki atau meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Biologi Peduli Lingkungan (BPL) kali ini mengangkat tema “Save Our Nature, Invest to Our Home with BPL (Biologi Peduli Lingkungan)”. Kegiatan Biologi Peduli Lingkungan (BPL) 2022 dilaksanakan di Perkebunan Sentool, Dusun Glengseran, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Daerah tersebut masih tergolong tertinggal dibandingkan daerah lain di Kabupaten Jember sehingga perlu adanya dorongan untuk membantu meningkatkan kondisi ekonomi di daerah tersebut.

Kegiatan Biologi Peduli Lingkungan (BPL) merupakan wujud aksi nyata bentuk kepedulian Mahasiswa Biologi kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan mengenai potensi tanaman Talas Bogor dan Talas Jepang (Satoimo), persiapan lahan serta penanaman bibit Talas Bogor dan Talas Jepang (Satoimo) di sektor pekarangan warga Perkebunan Sentool. Talas merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan makanan pokok pengganti padi atau nasi sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat daerah Perkebunan Sentool, Dusun Glengseran. Hasil panen tersebut juga dapat dijual karena harga jual dari Talas Bogor dan Talas Jepang (Satoimo) juga lumayan tinggi sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah warga yang tinggal di Perkebunan Sentool, Dusun Glengseran, Desa Suci, Kecamatan Panti. Kegiatan tanam menanam juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat dan asri.

Dokumentasi Penyuluhan (Kegiatan Hari Pertama)

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 16 – 17 Juli 2022. Agenda hari pertama yaitu tanggal 16 Juli 2022 meliputi penyuluhan dengan pemberian materi terkait potensi Talas Bogor dan Talas Jepang (Satoimo) oleh Bapak Dr. Hidayat Teguh Wiyono, M. Pd. dan Drs. Rudju Winarsa, M. Kes. selaku dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember. Penyuluhan dilakukan di Rumah Belanda secara luring dengan menggunakan alat bantu berupa Power Point dan ditampilkan melalui proyektor yang telah disediakan panitia. Penyuluhan ini dihadiri oleh 9 orang perwakilan warga Perkebunan Sentool.

 

Dokumentasi Persiapan Lahan dan Penanaman Bibit Talas Bogor dan Talas Jepang (Satoimo) (Kegiatan Hari Kedua)

Kegiatan BPL pada hari kedua tanggal 17 Juli 2022 kegiatan BPL berisi persiapan lahan dan penanaman bibit pada tujuh titik pekarangan sekitar rumah warga. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 7 orang dengan rincian 2 delegasi angkatan 2021 dan 5 delegasi angkatan 2020. Penanaman bibit dilakukan secara gotong royong oleh delegasi, panitia, dan dibantu dengan karyawan Perkebunan Sentool.