Biological Science Day XIII

          Kegiatan Biological Science Day XIII telah dilaksanakan secara hybrid. Tahap penyisihan dan semifinal olimpiade telah dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 1 dan 16 Oktober 2022, sedangkan tahap final olimpiade, esai, dan LKTI telah dilaksanakan secara luring pada tanggal 12 dan 13 November 2022 di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember. Technical Meeting ketiga cabang lomba dilaksanakan serempak secara daring pada tanggal 5 November 2022. Cabang lomba olimpiade diperuntukkan bagi siswa SMA/MA sederajat se-Indonesia. Jumlah pendaftar pada cabang lomba olimpiade sebanyak 100 orang siswa dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta yang lolos final diambil 5 peserta dengan perolehan nilai 5 teratas yang akan maju ke tahap final 13 November 2022. Tahapan final olimpiade diadakan secara luring di Gedung Biologi dan Gedung Mikrobiologi FMIPA.

          Cabang lomba esai diperuntukkan untuk mahasiswa Strata Satu (S1) se-Indonesia. Lomba ini terdiri atas dua tahap, dimana tahap pertama merupakan pendaftaran dan pengumpulan karya berupa naskah dan poster esai yang dibagi menjadi dua gelombang. Pendaftaran dan pengumpulan karya esai gelombang 1 dilaksanakan pada 18 Juli-20 Agustus 2022 sedangkan gelombang 2 dibuka mulai tanggal 22 Agustus 2022 – 17 September 2022. Karya peserta akan diseleksi hingga tersisa 10 tim yang mempresentasikan karyanya pada tahap final. Final esai dilaksanakan bersamaan dengan final LKTI yaitu pada tanggal 12 November 2022. Tahap kedua merupakan presentasi karya secara luring. Finalis diundang untuk hadir secara luring ke Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember.

          Cabang lomba LKTI diperuntukkan untuk siswa SMA/MA sederajat se-Indonesia. Jumlah tim LKTI yang mendaftar mencapai 38 tim yang berasal dari SMA/MA sederajat di seluruh Indonesia. Lomba KTI terdiri atas beberapa tahap. Tahap pertama merupakan pendaftaran dan pengumpulan abstrak gelombang 1 pada tanggal 18 Juli-31 Agustus 2022. Jumlah tim yang lolos seleksi abstrak sebanyak 24 tim dan selanjutnya dilakukan tahap seleksi full paper. Finalis yang lolos full paper sebanyak 10 tim yang selanjutnya mempresentasikan karyanya pada 12 November 2022 secara offline/luring.

Gambar 1. Pemenang LKTI

Gambar 2. Pemenang lomba Essai

Gambar 3. Panitia BSD XIII