Pengembangan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) Jurusan Biologi 2022

          Pengembangan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) merupakan salah satu program kerja dari Himabio “Bacteriophage” yang menjadi dasar awal yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa baru dalam melaksanakan kegiatan perkuliaan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember. Pengadaan PPMB yang diadakan oleh Himabio “Bacteriophage” pada 2022 ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa agar mengetahui potensi yang dimiliki, serta mengarahkan mahasiswa baru terhadap minat dan bakatnya dalam berorganisasi dan memilih kelompok belajar yang terdapat di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember.

Tema yang diangkat pada PPMB Jurusan Biologi 2022 yaitu “Improving The Quality of The Biological Generation with Attitude, Excellence, Creativity, and Inovation in The Field of Biology and Directing Biological Abilities According to Their Interests and Talents” dengan harapan mahasiswa baru jurusan biologi mampu meningkatkan kualitas diri sebagai generasi biologi yang berwawasan, unggul, kreatifitas, dan inovasi dibidang biologi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Oleh sebab itu, mahasiswa baru diharapkan sebagai salah satu tonggak perubahan yang mampu memberikan perubahan menuju jurusan Biologi yang lebih baik dan kemajuan di segala aspek baik dibidang akademik maupun non-akademik.

Kegiatan Pengembangan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) merupakan salah satu kegiatan dari Divisi Penalaran dan Pengembangan Organisasi (PPO) Himabio “Bacteriophage” yang berada dibawah naungan pihak fakultas dan wajib untuk dilaksanakan. Program kerja ini ditujukan kepada mahasiswa baru khususnya Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember, yang mana dengan adanya program kerja ini, maka diharapkan mampu memberikan arahan kepada mahasiswa baru mengenai lingkungan kampus dan program kerja yang terdapat di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember baik dalam organisasi maupun kelompok bidang ilmu (Kombi), sehingga mahasiswa mampu memperluas wawasan dan mampu mengetahui minat dan bakatnya dalam menentukan kelompok bidang ilmu yang akan dipilih sebagai penunjang untuk melatih softkill dan hardskill-nya di laboratorium.

Kegiatan PPMB Jurusan Biologi 2022 telah terlaksana pada hari Sabtu tanggal 5 November 2022 secara luring. Kegiatan PPMB Jurusan Biologi 2022 diikuti oleh 79 mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember. Kegiatan PPMB Jurusan Biologi 2022 ini dilaksanakan di Ruang Kuliah Biologi Umum. Kegiatan PPMB Jurusan Biologi 2022 diisi dengan penyampaian materi mengenai Overview of Departement yang disampaikan langsung oleh ketua jurusan Biologi yaitu Ibu Dr. Retno Wimbaningrum, M.Si. , penyampaian materi mengenai konsep aktualisasi diri sebagai wujud minat dan bakat motivasi dalam berprestasi baik dalam organisasi dan akademik seperti LKTI, Olimpiade, dan Essai yang disampaikan langsung oleh alumni Jurusan Biologi yaitu Ramdhan Putrasetya, S.Si., M.Si. Kemudian, terdapat juga materi mengenai pengenalan organisasi yang terdapat di Jurusan Biologi yang terdiri dari pengenalan Himabio Bacteriophage dan Ikahimbi yang disampaikan langsung oleh ketua Himabio Bacteriophage dan seketaris Himabio Bacteriophage yaitu Abdillah Maulana Farhan dan Almira Aurelia Dwi Laily. Pada kegiatan PPMB Jurusan Biologi 2022 juga difokuskan pada pengenalan kelompok bidang yang terdapat di Jurusan Biologi melalui tugas-tugas PPMB yang diberikan kepada mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat mengetahui minat dan bakatnya dalam memilih kelompok bidang yang akan dituju.